TERNYATA! Pelatih Timnas Futsal Indonesia, Pemain Terbaik Piala Dunia Futsal 1989

Sebelum menangani Timnas Futsal Indonesia, nama Vic Hermans sudah lebih dulu berkibar dengan membawa Timnas Iran menjuarai Piala Asia Futsal 2001 dan membawa Thailand kampiun Piala AFF Futsal di lima edisi beruntun.
Tidak sampai di situ, Vic Hermans juga membawa Hong Kong, Malaysia, Iran dan Thailand ke Piala Dunia Futsal. Karena itu, juru taktik berusia 64 tahun tidak gentar ketika dibebankan oleh Federasi Futsal Indonesia (FFI) untuk membawa Indonesia lolos ke putaran final Piala Dunia Futsal 2020.
Namun, sebelum terjun sebagai pelatih, Vic Hermans ternyata sudah lebih dulu memiliki catatan mentereng ketika masih aktif sebagai pemain. Lantas, apa catatan mentereng yang dimaksud?
Ya, Vic Hermans merupakan pemain terbaik Piala Dunia Futsal perdana yang dilangsungkan di Belanda pada 1989. Saat itu, Vic yang kini berusia 64 tahun selalu tampil dalam tujuh laga yang dimainkan Der Oranje julukan Timnas Belanda.
Di fase grup pertama, Belanda tergabung di Grup A bersama Paraguay, Denmark dan Aljazair. Pada laga pertama, Belanda menang 4-2 dan Vic Hermans sukses menyumbangkan satu gol. Pada dua laga setelahnya, Vic gagal menyumbangkan gol ketika Belanda mengalahkan Aljazair 4-1 dan bermain 2-2 kontra Paraguay.
Hasil dua menang dan satu imbang membuat Belanda lolos ke fase grup kedua. Di fase grup kedua, Marcel Loosveld dan kawan-kawan tergabung bersama Belgia, Hungaria dan Italia.
Tidak seperti di fase grup pertama, kali ini Belanda mendapat perlawanan ketat dari lawan-lawannya. Di laga pertama, Belanda bermain 3-3 kontra Hungaria dan Vic Hermans berhasil menyarangkan dua gol.
Pada laga kedua Belanda mengamuk dengan menghancurkan Italia 4-1 dan Vic Hermans menjaringkan satu bola. Sementara di laga terakhir, Belanda harus takluk 1-2 dari Belgia.
Meski kalah dari Belgia, Belanda tetap lolos ke semifinal dengan status sebagai runner-up. Di semifinal, Belanda sukses mengalahkan Amerika Serikat 2-1. Siapa yang mencetak dua gol Belanda? Vic Hermans!
Kemenangan itu membawa Belanda ke partai puncak meski akhirnya takluk 1-2 dari Brasil. Meski kalah, Hermans yang sepanjang turnamen menginspirasi permainan Belanda dan mampu mencetak enam gol dinobatkan sebagai pemain terbaik.
Ketika diwawancarai Okezone beberapa waktu lalu, Vic pun mengungkapkan rahasia suksesnya kala itu. Sembilan bulan sebelum turnamen, saya selalu berlari tiap pagi. Hebatnya, tidak ada satu pun orang tahu saya berlari tiap pagi, ujar Vic Hermans.
Tentu harapannya, catatan masa lampau Vic Hermans dapat ditularkan ke skuad Indonesia. Terdekat, Timnas Futsal Indonesia U-20 akan tampil di Piala Asia Futsal U-20 yang berlangsung di Thailand pada 16-26 Mei 2017.
Vic Hermans memiliki target tinggi di turnamen yang baru pertama kali digelar itu. Ia bertekad membawa Indonesia menjadi juara, meski harus menghadapi lawan-lawan kuat macam Iran, Thailand hingga Myanmar.

schsdstkj.com wap sbobet Sumber: Okezone